Resep Ayam Geprek Istimewa Bahan Seadanya

Resep Ayam Geprek Istimewa Bahan Seadanya

Resep Masakan ayam Geprek istimewa beserta bahan bumbu seadanya serta rahasia Cara Membuat Sambal Ayam Geprek yang pasti akan ketagihan.

Ayam geprek merupakan salah satu alterasi Resep masakan ayam goreng tepung yang dimemarkan serta disajikan bersama sambal yang pedas. Umumnya daging ayam goreng yang dibalut tepung di geprek ataupun dimemarkan diatas sambal yang pedas. Mirip sekali dengan ayam sambal korek, ayam gepuk maupun ayam penyet.

Perpaduan citarasa gurih serta lezat ayam goreng serta pedas serta gurihnya sambal pedas memanglah nikmat serta lezat. Tidak heran bila Resep ayam goreng tepung serta sambal pedas ini disukai oleh anak anak, muda mudi serta orang tua.


Cara Membuat Ayam Geprek

Buat bunda ataupun keluarga yang hobi makan ayam dengan sambal pedas, Resep ayam geprek ini tidak boleh dilewatkan ya bund. Memanglah penjual Resep masakan dari ayam ini lumayan banyak.

Namun kali ini kita hendak mencoba membagikan cara membuat ayam geprek ataupun ayam geprak istimewa dengan bumbu seadanya. Lengkap dengan sambal bawang yang pedas, gurih serta bisa buat ketagihan.

Resep ayam geprek ini meski sama sama dari daging ayam namun beda loh bund dengan Resep ayam goreng yang lain. Dari bumbu ayam geprek nya saja mungkin berbeda apabila dibanding dengan Resep Ayam Bakar, Resep Ayam Goreng Mentega ataupun resep ayam yang yang lain. Apalagi dengan ayam ungkep ataupun Resep Ayam Kremes.

Bumbu ayam geprek ini lebih sedikit atau lebih instan. Cara membuat ayam geprek ini pula lebih cepat serta tidak butuh direbus dulu. Lumayan mengombinasikan bumbu resep masakan ayam ini hanya di diamkan sebagian sesaat biar menyerap hingga ke dalam dagingnya.

Buat proses marinasi ayam goreng tepung ataupun membumbuinnya pula tidak boleh di ruangan ya bund. Berbeda dengan ayam penyet ataupun ayam kremes serta Resep masakan ayam yang lainnya yang rata rata direbus terlebih dulu biar menyerap bumbunya.

Jika Resep ayam geprek ini hendaknya di dibiarkan di kulkas ataupun lemari pendingin biar bumbu ayam nya dapat menyerap hingga ke dalam. Jadi meski ayam nya tidak direbus ataupun diungkep bersama dengan bumbu ayam geprek nya namun senantiasa terasa gurih serta lezat.

Cara membuat ayam geprek sesungguhnya dapat pula diungkep, senantiasa daging ayam nya nanti kurang renyah serta krispy. Dikala digoreng dengan balutan tepung bumbu, daging ayam nya jika diungkep lebih kesat sehingga juicy ayam nya tidak keluar. Sahabat sahabat tidak butuh takut daging ayam bagian dalamnya tidak matang.

Asalkan menggorengnya serta membuat Resep ayam geprek ini langkah langkahnya diikuti ya bund, insya Allah senantiasa empuk serta menyerap kok bumbunya juga dagingnya matang sempurna.

Tidak kalah lezat serta nikmatnya dibanding dengan Resep masakan dari ayam yang lainnya.


Ayam Geprek Sambal Bawang

Bahan- Bahan Ayam Geprek

  • 1 ekor ayam kampung/ ayam negeri
  • 1 bks tepung siap saji spesial ayam crispy
  • 1 btr telur ayam
  • ½ sdm soda kue
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air es secukupnya


Cara Membuat Ayam Geprek

  1. Potong- potong daging ayam, setelah itu dicuci sampai bersih. Keringkan, jangan sampai terdapat sisa-sisa air yang menetes (usahakan kering dari air ya bun).
  2. Gabungkan tepung terigu, soda kue, serta garam seperlunya ke dalam satu wadah. Aduk-aduk sampai seluruhnya tercampur rata.
  3. Pisahkan adonan tersebut ke dalam 2 wadah.
  4. Salah satu wadah dicampurkan air es untuk adonan basah. Kemudian satu wadah lagi berperan untuk adonan kering.
  5. Masukkan ayam satu persatu ke dalam adonan tepung terigu basah, kemudian pindahkan ke wadah berisi tepung terigu kering setelah itu balur sampai rata segala permukaannya.
  6. Dapat pula sambil dipijat- pijat sedikit supaya tepung terigu terus menjadi melekat pada ayam.
  7. Diamkan kurang lebih 15 menit sampai tepung serta bumbu ayam geprek menyerap ke dalam daging ayam.
  8. Goreng ayam di dalam minyak goreng sampai terendam, 
  9. Biarkan sejenak sampai ayam berwarna kuning keemasan. Jangan lupa buat membolak- balik ayam supaya tingkatan kematangannya menyeluruh ke segala sisi.
  10. Angkat serta tiriskan.


Bahan Untuk Sambal Bawang Pedas

  • Cabai, jumlahnya sesuai selera (pedas lebih nikmat)
  • 3 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya


Cara Membuat Sambal Bawang Pedas

  1. Mencuci cabai, bawang merah, serta bawang putih sampai bersih.
  2. Tumis bahan- bahan tersebut dengan sedikit minyak. Dikala menumis jangan terlalu lama, sebab bahan- bahan tersebut gampang gosong.
  3. Angkat bersama dengan minyaknya, setelah itu uleg sampai halus. Gabungkan garam serta penyedap rasa seperlunya.
  4. Upayakan tidak menghancurkan bahan- bahan tersebut dengan blender. Hasil ulegan bakal lebih nikmat.
  5. Setelah itu masukkan potongan potongan ayam crispy satu persatu ke dalam cobek, kemudian pukul bersama dengan sambal yang telah halus.
  6. Bolak- balik sampai menyeluruh.
  7. Sajikan.

Ayam geprek siap disajikan. Hidangkan bersama nasi putih panas, lalapan, dan jeruk limau supaya semakin nikmat.


Ayam Geprek Sambal Matah

Bahan- Bahan Ayam Geprek

  • 1 ekor ayam kampung/ ayam negeri
  • 1 bkstepung siap saji spesial ayam crispy
  • 1 btr telur ayam
  • ½ sdm soda kue
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air es secukupnya


Cara Membuat Ayam Geprek

Proses pembuatan ayam geprek sama persis semacam Resep membuat ayam geprek sambal bawang. 

  1. Potong- potong ayam jadi beberapa bagian, setelah itu cuci sampai bersih. Keringkan, jangan ada  sisa air yang menetes.
  2. Gabungkan tepung terigu, soda kue, serta garam seperlunya ke dalam satu wadah. Aduk sampai seluruhnya tercampur rata.
  3. Pisahkan adonan tersebut ke dalam 2 wadah.
  4. Salah satu wadah dicampurkan air es utk adonan basah. Kemudian satu wadah berperan utk adonan kering.
  5. Masukkan ayam satu persatu ke dalam adonan tepung terigu basah, kemudian pindahkan ke wadah berisi tepung terigu kering setelah itu di balur sampai rata segala permukaannya dagng ayam.
  6. Dapat pula sambil diremas sedikit supaya tepung terigu terus menjadi melekat pada ayam.
  7. Diamkan kurang lebih 15 menit sampai tepung serta bumbu ayam geprek menyerap ke dalam daging ayam.
  8. Goreng ayam di dalam minyak goreng sampai terendam,
  9. Biarkan sejenak sampai ayam sampai berwarna kuning keemasan. Jangan lupa buat membolak- balik ayam supaya tingkatan kematangannya menyeluruh ke segala sisi.
  10. Angkat serta tiriskan.


Bahan- Bahan Sambal Matah

  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 5 buah cabai rawit hijau
  • 2 buah tomat
  • 5 lembar daun jeruk, buang tulang daun, iris tipis
  • ½ sendok teh terasi bakar, haluskan
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 5 sdm minyak goreng
  • 3 buah jeruk limau, peras airnya


Cara Membuat Sambal Matah

  1. Potong- potong cabai rawit merah, cabai rawit hijau, bawang merah, bawang putih, serta tomat. Gabungkan ke dalam satu wadah. Aduk sampai rata.
  2. Campur segala bahan, termasuk daun jeruk, garam, gula, serta terasi bakar halus. Pisahkan minyak goreng serta jeruk limau.
  3. Panaskan minyak di atas wajan.
  4. Sehabis panas, tuangkan ke dalam wadah yang berisi potongan cabai, bawang, serta tomat.
  5. Masukkan perasan air jeruk limau kemudian aduk sampai rata.
  6. Gabungkan sambal matah dengan ayam geprek kemudian sediakan dengan nasi putih panas.


Resep di atas merupakan buat sambal bawang serta sambal matah saja. Tetapi tidak menutup mungkinan bila bunda mau membuat inovasi yang lain.

Apabila bunda mau memadukannya dengan sambal yang lain semacam sambal terasi, sambal tomat hijau, saus telur asin, ataupun sambal teri maka dipersilahkan buat mengkreasikannya cocok dengan kemauan serta selera bunda.

Gimana? Gampang kan untuk buatnya? Membuat ayam geprek sendiri bisa mengirit pengeluaran. bunda juga bisa memilah sendiri bahan- bahan bermutu semacam yang bunda mau. Bunda bisa menjamin kebersihan masakan buat keluarga.

Sediakan menu ini dikala makan siang keluarga, arisan, kumpul teman, jamuan kegiatan keluarga besar, ataupun bekal buat piknik.

Untuk bunda yang mau membuka warung makan spesialis ayam geprek aneka sambal, hingga ujicoba Resep ini terlebih dulu sampai menciptakan citarasa yang sangat lezat buat disajikan. 


Selamat memasak Resep Ayam Geprek.....


Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
ayam,ayam geprek,masakan